Press "Enter" to skip to content

Manfaat Dari Tumbuhan Brotowali

Manfaat Dari Tumbuhan Brotowali :: Selamat berkunjung di laman http://www.walatrasehatmatabpom.walatragamat.com/ , disini saya akan mempublikasikan informasi mengenai manfaat dari tumbuhan brotowali bagi kesehatan tubuh. Namun adakalanya, kita simak terlebih dahulu apa itu brotowali sendiri.

Manfaat Dari Tumbuhan Brotowali

Tumbuhan Brotowali sendiri merupakan sejenis tumbuhan obat tradisional yang biasa tumbuh di pekarangan maupun di dalam hutan. Tanaman ini termasuk jenis tanaman binal yang dapat ditemui diseluruh wilayah di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, Bali, dan pun Ambon.

Tumbuhan brotowali tumbuh di lokasi panas dengan elevasi batang dapat mencapai 2,5 meter. Batang brotowali sebesar jari kelingking insan dewasa dan berbintil-bintil rapat. Tanaman merambat ini seringkali dipergunakan sebagai bahan dasar penciptaan jamu tradisional, sebab kandungan bahan-bahan kimia di dalamnya mampu memberikan guna yang baik untuk kesehatan tubuh.

Apa Saja Manfaat Dari Tumbuhan Brotowali ?

Didalam tumbuhan brotowali terdapat banyak sekali senyawa fitokimia yang dapat mengayomi Anda dari sekian banyak penyakit. Beberapa senyawa fitokimia yang terdapat dalam brotowali ialah alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, firoditerpen, lakton, sterol, lignan, dan nukleosida.

Manfaat Dari Tumbuhan BrotowaliPemanfaatan dari tumbuhan brotowali ini memang pada unsur batangnya saja. Di Bali, manfaat dari tumbuhan brotowali digunakan sebagai obat sakit perut, demam dan sakit kuning, bahkan sebagai obat gosok guna sakit punggung dan pinggang. Sementara di Jawa, air rebusannya dapat dipakai untuk mengobati demam, obat luar guna luka, dan gatal-gatal, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat rematik, meminimalisir gula darah, menurunkan panas, dan meminimalisir risiko kencing manis.

Tidak melulu itu, ramuan herbal satu ini juga dapat menambah nafsu makan. Berdasarkan keterangan dari dr. Prapti Utami Msi, tanaman obat laksana brotowali memang mempunyai efek farmakologi yang bagus. Wanita yang lekat dijuluki dokter herbal tersebut menyatakan tanaman satu ini dan sambiloto bagus diserahkan kepada seseorang yang terbiasa mengkonsumsi makanan manis.

Dalam sebuah riset tahun 2013 yang dilaksanakan pada tikus mengadukan bahwa sejumlah kandungan dalam brotowali bisa menurunkan desakan darah. Di samping itu, brotowali pun dapat menghambat kegiatan aterosklerosis, sampai-sampai dapat mengayomi kesehatan jantung Anda.

Sementara itu di negara lain seperti Thailand, Malaysia, Guyana, Bangladesh, dan India pun memanfaatkan tumbuhan brotowali sebagai penyembuhan diabetes. Penelitian pada fauna dan kultur sel telah mengindikasikan bahwa brotowali dapat memicu produksi insulin dari sel beta yang terdapat di pankreas. Brotowali pun dapat menambah penyerapan glukosa oleh otot. Sehingga brotowali dapat menolong mengontrol diabetes.

Ramuan tradisonal dari brotowali ini merupakan ramuan warisan dari nenek moyang yang perlu dan harus selalu kita lestarikan. Meskipun tumbuhan brotowali termasuk kedalam tanaman herbal yang mempunyai manfaat baik untuk ksesehatan, namun pemakaian brotowali berlebihan dilaporkan dapat menyebabkan keracunan hati dan ginjal.

Semoga artikel mengenai manfaat dari tumbuhan brotowali ini bermanfaat 🙂

Baca juga artikel kesehatan lainnya :

:: Manfaat Dari Tumbuhan Brotowali Utk Kesehatan ::

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *